Portal Mahasiswa
News Update
Loading...
[Intip Jurusan][recentbylabel]

Monday, July 29, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Agribisnis

Jurusan agribisnis seringkali dianggap sepele oleh para akademisi. Padahal sebenarnya jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang memiliki prospek bagus untuk kamu pilih.

Pasalnya ranah kerja dari jurusan satu ini sangat besar peluangnya.

Mereka yang berkata kalau jurusan satu ini tidak potensial, mungkin mereka belum mengetahui seberapa luasnya peluang kerja yang dimiliki oleh jurusan satu ini.


Sebagai negara maritim dan agraris, sudah tentu jurusan satu ini sangat pontensial untuk kamu pilih jika kamu tinggal di Indonesia.

Jadi sungguh tidak beralasan jika ada orang yang mengatakan kalau jurusan agribisnis tidak potensial untuk dipilih di Indonesia.

Sekedar info, berikut ini ada 7 prospek dan peluang kerja paling potensial untuk kamu yang berasal dari jurusan agribisnis.

1. Menjadi Tenaga Pendidik atau Dosen di Bidang Terkait

Prospek kerja pertama yang bisa kamu pilih saat kamu mengambil jurusan agribisnis adalah menjadi seorang tenaga pendidik atau dosen dibidang terkait.

Tidak ada yang bisa menyangkal hal ini. Menjadi tenaga pendidik di bidang yang kamu kuasai tentunya akan bisa dengan mudah kamu jalani. Hanya saja diperlukan perjuangan agar kamu bisa tembus ke dalam ranah pendidikan. Kalau kamu berusaha maksimal, pasti ada jalan.

2. Menjadi seorang Peneliti Ahli

Peluang kerja selanjutnya yang bisa kamu pilih jika kamu merupakan seorang lulusan agribisnis adalah menjadi peneliti di pemerintahan.

Seringkali negara membutuhkan para pakar agribisnis untuk memajukan dunia pertanian di wilayahnya masing-masing. Dalam hal ini, kemampuan kamu benar benar sangat dibutuhkan untuk membatu negara lebih maju.

3. Menjadi Pionir di LSM

Selain menjadi seorang peneliti ahli, kamu juga memiliki peluang untuk berkarir di Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang agribisnis. kamu bisa melakukan pengawasan dan penyuluhan atas nama LSM dan bisa membantu para petani dalam memajukan usaha pertanian mereka.

Mungkin kamu tidak akan mendapatkan gaji tapi benefit yang akan kamu dapatkan dari masyarakat justru malah lebih besar dari gaji.

4. Menjadi Pengusaha Mandiri

Tidak kalah potensial, posisi selanjutnya yang bisa kamu pilih jika kamu merupakan lulusan agribisnis adalah menjadi pengusaha di bidang terkait.

Banyak yang berpikiran kalau lulusan agribisnis hanya akan menjadi petani saja. Lantas apa yang salah dengan hal ini? Petani adalah pekerjaan yang sangat mulia. Apalagi jika kamu bisa sukses dalam menjalani karir sebagai petani.

5. Bekerja di Pemerintahan

Peluang karir selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi pekerja di pemerintahan. Setiap tahunnya pemerintah senantiasa membuka lowongan pekerjaan berbagai formasi untuk banyak lulusan.

Semua jurusan akademis memiliki peluang yang sama termasuk titel agribisnis yang kamu miliki. kamu bisa menjadikan ini salah satu opsi terbaik untuk karir kamu kedepannya.

6. Menjadi Pedagang Komoditi Baru

Sebagai negara yang sangat luas, ada banyak sekali komoditi yang bisa kamu pilih di negeri ini. Tentunya kamu juga memiliki peluang untuk maju dalam melakukan bisnis di bidang tersebut.

Lakukan riset secara menyeluruh dari sabang sampai merauke hingga kamu menemukan komoditi yang tepat dan potensial untuk dijual.

7. Bekerja sebagai Konsultan Pertanian

Terakhir kamu bisa bekerja sebagai konsultan pertanian pada perusahaan agraria atau pada masyarakat secara langsung.

Jika kamu telah menjadi seorang konsultan handal dan memiliki reputasi, jangan tanya lagi berapa besar keuntungan yang akan kamu dapatkan. Pengetahuan dan wawasan kamu terkait agribisnis bisa sangat bermanfaat untuk memajukan dunia pertanian di berbagai kelas.

Itulah 7 prospek dan peluang kerja bagi kamu yang menjadi seorang lulusan agribisnis.

Tak perlu ragu, semua orang memiliki peluang untuk sukses. Yang terpenting adalah mau berusaha dan bisa melihat peluang yang ada.

Jangan pernah mengatakan kalau kamu tidak bisa jika kamu belum mencobanya apalagi jika sampai meremehkan satu bidang tertentu seperti yang dialami oleh bidang agribisnis saat ini.

Monday, July 22, 2019

6 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Biologi

Jurusan biologi merupakan salah satu jurusan yang cukup diminati oleh para calon akademisi di era modern ini.

Pasalnya, ada peluang karir yang sangat baik dari program pendidikan satu ini.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kampus negeri yang menyediakan jurusan Biologi.


Perlu kamu tahu, jurusan biologi ini sendiri terbagi menjadi dua jenis.

Yang pertama adalah pendidikan biologi dan selanjutnya adalah jurusan biologi murni.

Tentunya kedua jurusan ini memiliki peluang yang sama besar dan sangat potensial bagi kamu untuk memilihnya.

Berdasarkan riset yang kami lakukan, ada 7 prospek pekerjaan yang sangat potensial untuk diisi oleh seorang lulusan biologi.

1. Menjadi Ilmuwan di Perusahaan dengan bidang kerja terkait

Peluang karir pertama yang bisa kamu pilih saat kamu menjadi seorang lulusan biologi adalah menjadi ilmuwan di perusahaan.

Baik itu perusahaan swasta atau BUMN, ada bidang yang membutuhkan seorang biologis secara mutlak.

Hal ini misalnya terjadi pada perusahaan yang memproduksi makanan. Pastinya diperlukan seorang ahli biologi yang akan melakukan pengecekan terhadap mikroba.

2. Menjadi seorang Ilmuwan Medis  

Tidak hanya menjadi ilmuwan di perusahaan saja, kamu juga memiliki peluang untuk menjadi seorang ilmuwan medis.

Biasanya kamu akan masuk di bagian yang memang membutuhkan kemampuan biologi yang sangat detail seperti misalnya patologi, molekuler, fisiologi, dan berbagai peluang karir lainnya.

Seorang biomedis biasanya akan ditempatkan di bagian laboratorium dengan penghasilan yang tidak bisa disepelekan.

3. Menjadi seorang Guru  

Seperti sudah kita bahas sebelumnya, jurusan ilmu pendidikan biologi memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi praktisi pendidikan.

Tepatnya menjadi seorang guru biologi. kamu bisa memilih sekolah terbaik yang bisa menerima kemampuan kamu dan atau menjadi pengajar di tempat les yang banyak bertebaran saat ini.

Menjadi guru pengajar ini tentunya akan menghasilkan penghasilan yang tidak sedikit untuk kamu.

4. Menjadi Dosen

Jika sebelumnya kita membahas guru yang mengajar di Sekolah Menengah, kamu juga memiliki peluang sangat besar untuk menjadi pengajar di perguruan tinggi atau dosen.

Hanya saja mungkin jenjang pendidikan kamu harus dilanjutkan.

Untuk menjadi dosen, biasanya kamu diwajibkan memiliki titel minimal S2 dari jurusan yang sama. kamu hanya perlu melanjutkan pendidikan untuk mengisi posisi satu ini.

5. Menjadi seorang Konsultan  

Selain menjadi dosen, kamu juga memiliki peluang besar untuk menjadi konsultan di bidang terkait.

Kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan dalam perhatian terhadap limbah dan lingkungan, atau bisa juga mendalami perihal AMDAL, atau bisa bekerja sama dengan instansi lain yang berkaitan dengan pemahaman yang kamu miliki.

6. Menjadi seorang Wirausahawan

Prospek kerja terakhir yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah menjadi seorang pengusaha mandiri.

Sebagai seorang lulusan biologi, sudah tentu kamu memiliki pemahaman yang matang terkait bidang tersebut bukan?

Dalam hal ini, kamu akan dengan mudah membangun reputasi untuk menjual berbagai macam produk yang berkaitan dengan bidang tersebut seperti misalnya menjual tanaman atau menjual peralatan yang bisa bermanfaat untuk bidang yang kamu geluti.

Itulah 7 potensi usaha dan pekerjaan yang bisa digeluti oleh kamu yang menjadi lulusan biologi.

Sebagai tambahan, perlu kami tekankan bahwa pekerjaan itu tidak harus selalu sesuai dengan jurusan pendidikan yang amu ambil.

Yang penting kamu konsisten dalam menjalaninya, pasti kesuksesan akan menghampiri kamu.

Tetap berpikir positif dan lakukan pekerjaan dengan maksimal ya.

Monday, July 15, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektro

Jurusan ini bisa dijadikan partner dalam segala bidang.

Jangkauan ilmu yang dipelajari pada jurusan Teknik Elektro cukup luas.

Ilmu yang dipelajari berhubungan langsung dengan perkembangan teknologi serta pemanfaatan energi listrik secara umum.


Saat ini hampir semua aspek kehidupan membuthkan teknologi serta pemafaatan listrik. Oleh karena itu peluang kejanya cukup tinggi dan sangat dibutuhkan.

Lalu, apa aja sih prospek kerja lulusan Teknik Elektro? Berikut daftarnya.

1. Pegawai Negeri Sipil

Lulusan Teknik Elektro mempunyai peluang besar untuk bekerja di semua bidang sebenarnya. Terlebih menjadi seorang PNS, kesempatannya cukup tinggi.

Lulusan Teknik Elektro dapat bekerja di kementrian energi dan sumber daya mineral. Selain itu masih banyak badan milik pemerintah lainnya yang membutuhkan lulusan Teknik Elektro.

2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Tidak hanya menjadi pegawia negeri sipil. Lulusan Teknik Elektro sangat berkesempatan untuk bekerja di BUMN. BUMN yang bergerak dibidang energy dan telekomunikasi dapat menjadi tujuanmu.

BUMN seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara), Indonesia Power, PT Telkom, dan BUMN lainnya sangat membutuhkan peranmu sebagai lulusan Teknik Elektro.

3. Perusahaan Swasta

Dua pekerjaan di atas membahas kesempatan bekerja dengan pihak pemerintah. Selain itu, peluang jurusan Teknik Elektro sangat terbuka untuk perusahaan swasta.

Perusahaan swasta juga tidak kalah dalam hal penggajian dengan BUMN. Jadi, prospek bekerja di perusahaan swasta juga cukup menggiurkan.

Perusahaan swasta yang bergerak di bidang telekomunikasi, pengembangan computer, hingga prusaahn listri swasta sangat bisa kamu jadikan tempat tujuan bekerja setelah lulus dari jurusan Teknik Elektro.

4. Bekerja Di Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Seorang lulusan Teknik Elektro juga berkesempatan untuk bekerja di perusahaan perminyakan dan pertambangan. Peran lulusan Teknik Elektro dalam bidang pertambangan atau perminyakan dibutuhkan dalam hal kontrol dan instrumen engineer.

5. Wirausaha

Peluang menjadi seorang wirausaha sangat terbuka lebar bagi lulusan Teknik Elektro. Banyak sekali bisnis yang dapat kamu kembangkan dengan kemampuan kamu daalam bidang Teknik Elektro.

Seiring perkembangan jaman, kemampuan lulusan Teknik Elektro emang patut diperhitungkan.

Pasalnya semakin hari semakin banyak teknologi yang bermunculan, yang tentu saja membutuhka jasa lulusan Teknik Elektro baik untuk instalasi pemasangannya, perawatannya, atau menangani kerusakannya

6. Software Developer

Menjadi lulusan Teknik Elektro pasti dibekali juga dengan kemampuan pengembangan IOT (Internet of Things).

Tidak hanya itu saja, lulusan teknik Elektro juga mempu menguasai bahasa pemograman. Sehingga pekerjaan yang cocok untuk kemampuan ini adalah seorang software developer. Penghasilan menjadi software developer ini juga tidak main-main.

7. Manufaktur

Perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang pembuatan sebuah perangkat. Pasti membutuhkan banyak ahli dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah Teknik Elektro.

Lulusan Teknik Elektro sangat berpeluang bekerja di perusahaan manufaktur. Kemampuan Teknik Elektro dapat digunakan sebagai seorang engineer, staf produksi, teknisi, atau bidang pekerjaan lainnya.

Menjadi lulusan Teknik Elektro adalah sebuah berkah. Selain karena proses perkuliahannya yang tergolong sulit. Peluang atau prospek kerjanya cukup menjanjikan.

Hampir setiap bidang pekerjaan membutuhkan peran Teknik Elektro. Jadi, bagi kamu seorang lulusan Teknik Elektro patut berbagga hati.

Demikian artikel mengenai prospek dan peluang kerja lulusan teknik elektro.

Kamu ingin menambahkan? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Wednesday, June 26, 2019

Review Jurusan Teknik Industri Telkom University

Kali ini portalmahasiswa dapat kesempatan untuk tanya-tanya nih sama kak Fuad, mahasiswa angkatan 2016 Teknik Industri Telkom University.

Kak Fuad ini adalah salah satu Asisten Laboratorium Enterprise System Engineering yang ada di Teknik Industri Telkom.


Ok, tanpa basa-basi lagi bagaimana sih rasanya kuliah di Teknik Industri Telyu ini.

1. Kalau boleh tau kakak sekolahnya dulu dari mana ya? Dan masuk telkom lolos lewat jalur apa?

Saya dari SMA Negeri 10 Bogor, dan masuk ke telkom lewat JPA (Jalur Prestasi Akademik), jadi ya masuk Telkom University dengan menggunakan Rapot SMA dari semester 1-5 dengan minimal nilai 70 (kalo ga salah).

2. Apa aja sih kak yang dipelajari di Teknik Industri Telkom University?

Banyak sekali yah yang dipelajari disini, mulai dari Aspek teknik maupun non teknik, karena di prodi Teknik Industri kita belajar hampir semua bidang, tetapi hanya "kulit-kulit" nya saja.

Di Teknik Industri ini kita belajar manufaktur, jadi mempelajari bagaimana bahan mentah menjadi barang jadi.

Berhubung di telkom punya mesin CNC Milling dan turning, nanti kita bisa mempelajari cara kerja mesin ini di praktikum proses manufaktur.

Kita juga mempelajari manajemen, misalnya manajemen organisasi, psikologi industri, human capital dan lain-lain.

Banyak deh pokoknya, dan tentunya berguna banget untuk menunjang karir kamu nantinya.

3. Kira-kira prospek kerja kedepannya bagaimana ya kak?

Prospek kerja di Teknik industri menurut saya sangat luas, kita bisa menduduki industri manapun, karena kita memiliki skill yang sangat dibutuhkan untuk semua perusahaan yaitu skill efektif dan efisien yang bisa membuat suatu improvement tersendiri bagi perusahaan tersebut.

Selain itu, beberapa kating saya ada yang kerja dibagian procurement, human capital dan supply chain management.

Untuk perusahaannya sendiri banyaknya pada kerja di Wika, Telkom, dan AGIT (Astra Graphia International Technology).

4. Katanya praktikum di Teknik Idustri tuh banyak ya kak? hehehe

Praktikum di Jurusan Teknik industri lumayan banyak, yaitu sekitar 12 praktikum diantaranya:

A. Gambar teknik dan studio desain
B. Analisis Perancangan Kerja & Ergonomi
C. Proses Manufaktur
D. Sistem Produksi dan Otomasi
E. Statistika Industri dan Penelitian Operasional
F. Algoritma dan Pemrograman Komputer
G. Product Development
H. Simulasi Bisnis
I. Basis Data
J. Techno Economy
K. Analisis Perancangann Sistem Informasi
L. Planning Facilities and Telecommunication

Mantap kan?

5. Cara masuk lab di Teknik Industri bagaimana ya?

Cara masuk lab di teknik industri cukup rumit yah.

Pertama kita harus seleksi administratif oleh fakultas yang akan di cek yaitu nilai mata kuliah yang diampu lab tersebut, IPK, EPRT (Skor Tes Bahasa Inggris).

Kedua kita harus melewati masa-masa rekruitasi lab, disini kita akan diuji beberapa tes kemampuan seperti Software, Hardware, dan Teaching Test.

6. Suka duka kuliah di jurusan Teknik Industri Telkom University apa aja nih kak?

Suka nya yaitu kita lebih menguasai semua aspek dalam dunia industri, mulai dari teknik maupun manajemen. Lebih tertantang dalam menghadapai kegiatan praktikum.

Kegiatan Organisasi juga seru dan ga kalah penting dengan kuliah, karena akan mengasah soft skill kalian di berbagai rangkaian kepanitiaan.

Tentunya juga agar kamu tau rasanya berorganisasi.

Duka nya itu, terkadang merasa kesulitan saat kita harus bisa menguasai semua materi yang ada, karena banyak yang harus dipelajari.

7. Ada saran kak buat teman-teman yang mau masuk jurusan Teknik Industri Telkom University?

Saran sih buat yang mau masuk jurusan Teknik Industri jangan takut salah ambil jurusan karena kalian beruntung bisa masuk di TI ini.

Tentunya kita akan menjadi orang yang dibutuhkan oleh perusahaan karena kita akan mempelajari sesuatu yang tidak mungkin didapatkan oleh jurusan-jurusan lain yaitu "Great Improvement" dengan mengkombinasikan skill efektif dan efisien yang kita miliki. 

Semangat!


Tentang Narasumber : Mohammad Fuad Farisi

Instagram : @fuadfarisi

Prestasi Kuliah:
- Olimpiade Catur Juara 3 se Telkom University 2017
- Asisten Lab Enterprise System Engineering, Divisi General Affairs
- Panitia Ospek Jurusan (LEGION 2017), Divisi Field Officer

Friday, June 21, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Manajemen

Seiring dengan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, ada banyak sekali jurusan yang bisa kamu ambil. Salah satu jurusan yang paling potensial saat ini adalah jurusan manajemen.

Berada dalam lingkup fakultas ekonomi, jurusan manajemen ini direspon dengan sangat baik oleh para calon akademisi. Pasalnya jurusan satu ini dianggap salah satu jurusan paling aman yang pernah ada.


Minat yang ditujukan kepada jurusan manajemen ini sangatlah besar. Ini bukan tanpa alasan karena jurusan manajemen ini memang bisa dibawa ke ranah manapun.

Kemampuan manajemen yang baik sangat dibutuhkan di berbagai bidang usaha.

Akan tetapi tentunya ada beberapa spesialisasi pekerjaan utama yang bisa dipilih kalau kamu adalah seorang lulusan manajemen.

1. Menjadi Tenaga Pendidik atau Dosen

Prospek pekerjaan pertama yang bisa kamu ambil saat kamu lulus dari jurusan manajemen adalah menjadi seorang tenaga pendidik atau dosen.

Pekerjaan ini sangat direkomendasikan karena tidak terlalu beresiko dan tidak terlalu melelahkan kamu karena pressure yang akan kamu dapatkan juga tidak terlalu besar.

Hanya saja mungkin dibutuhkan kualifikasi tambahan untuk mengisinya.

2. Menjadi Konsultan Bisnis

Peluang kerja selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang konsultan bisnis. Perlu kamu tahu, ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa dari para konsultan bisnis demi memajukan usaha yang mereka miliki.

Dalam hal ini, jika kamu memiliki kemampuan manajemen yang baik dan bisa memberikan solusi untuk memajukan usaha mereka, tentu jasa kamu akan dibayar dengan sangat mahal.

3. Menjadi Sumber Konsultasi Perbankan

Posisi di bidang konsultasi dalam dunia perbankan sangat terbuka lebar bagi kamu yang lulus dari bidang manajemen.

Meskipun terikat oleh kontrak kerja berjangka, pernghasilan yang bisa kamu dapatkan di dalamnya tidak bisa disepelekan. Tapi pastikan kamu juga mampu menganalisa kondisi dengan baik karena di dalamnya dibutuhkan kemampuan analisa yang tidak sederhana.

4. Menjadi Manajer Pemasaran

Tidak kalah penting, posisi selanjutnya yang tidak bisa kamu sepelekan adalah menjadi manajer pemasaran. Seorang lulusan manajemen sejati mestinya selalu tertantang untuk mengisi posisi ini.

Pasalnya ada peluang karir yang sangat cerah jika kamu bisa sukses di dalamnya.

Menjadi seorang menajer pemasaran mengharuskan kamu untuk meningkatkan taraf penjualan produk atau jasa perusahaan secara signifikan.

5. Menjadi Manajer SDM

Peluang kerja selanjutnya yang sangat potensial untuk diisi oleh seorang lulusan manajemen adalah Manajer SDM.

Di posisi ini kamu harus melakukan pengaturan dan pengembangan sumber daya manusia di perusahaan tempat kamu bekerja. Meskipun terdengar rumit, ada gaji besar yang menanti kamu di dalamnya.

6. Menjadi Manajer Keuangan

Posisi selanjutnya yang tidak kalah potensial untuk kamu isi adalah menjadi seorang manajer keuangan.

Hanya saja mungkin dibutuhkan pengalaman yang matang di bidang keuangan untuk mengisi posisi ini. kamu diharapkan bisa menghasilkan pengaturan keuangan yang baik sehingga menghasilkan laporan keuangan yang valid dan bisa di pertanggungjawabkan.

7. Mengisi Berbagai Posisi di bidang Agribisnis, Perdagangan, Perbankan dan lain-lain

Terakhir, kami pastikan kalau kamu bisa mengisi posisi di berbagai bidang yang ada di ranah pekerjaan.

Karena kemampuan lulusan menajemen itu begitu global, kamu bisa mengisi berbagai posisi di bidang agribisnis, perdagangan umum, dunia perbankan, dan berbagai bidang kerja lain yang tidak kalah potensial.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait 7 prospek dan peluang kerja yang bisa dipilih oleh seorang lulusan manajemen.

Tidak kalah potensial, kamu juga bisa mengaplikasikan kemampuan manajemen kamu di dalam usaha mandiri jika kamu memang seorang yang tidak suka untuk diperintah.

Friday, June 7, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Satra Inggris

Jurusan Sastra Inggris atau sering disebut Sasing mungkin tergolong cukup sedikit peminatnya dibanding dengan jurusan tentang bahasa Inggris lainnya.

Padahal prospek atau peluang kerja bagi lulusan Sasing cukup banyak.


Dengan bidang keilmuan bahasa asing yaitu bahasa Inggris pada khususnya, akan membuka lebar peluang kamu bekerja di berbagai bidang pekerjaan bonafit.

Mau tahu apa saja peluang kerja lulusasn Sastra Inggris?

Yuk simak artikel berikut ini.

1. Editor atau Penyunting Bahasa

Pekerjaan pertama yang dapat kamu tekuni sebagai lulusan Sastra Inggris adalah seorang editor.

Dalam industri media cetak dan juga digital, seorang editor sangatlah berperan penting.

Terutama dalam hal penyuntingan bahasa.

Bahkan banyak pula naskah terjemahan dari penulis luar negeri yang butuh untuk diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Tentu saja peluang seorang lulusan Sastra Inggris sangat tinggi dalam bidang pekerjaan ini.

2. Penerjemah

Sudah sedikit disinggung pada pembahasan sebelumnya, bahwa lulusan Sasing dapat menjadi seorang penerjemah. Baik dalam bentuk tulisan ataupun secara lisan.

Sebagai seorang lulusan Sastra Inggris tentu kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata bukan?

Oleh karena itu, manfaatkan kemampuan ini untuk bisa menjadi seorang penerjemah. Saat ini peran penerjemah tentu sangat dibutuhkan.

3. Eksekutif Periklanan

Bekerja menjadai seorang eksekutif periklanan juga bisa kamu ambil sebagai seorang lulusan Sasing.

Tugas utamanya adalah untuk menjadi penghubung antara klien dengan agen periklanan.

Tentu saja untuk menjadi seorang eksekutif periklanan dibutuhkan kemampuan komunikasi yang tinggi.

Untuk itu, seorang lulusan bidang studi bahasa asing sangat dibutuhkan.

Terutama untuk klien asing agar dapat memperlancar proses komunikasi.

4. Leksikografer

Apa itu leksikografer? Mungkin bidang pekerjaan ini masih tergolong asing. Tugas leksikografer adalah untuk menulis, melakukan penggabungan, serta mengedit kamus.

Baik dalam bentuk cetak maupun dipublikasikan secara online.

Pekerjaan yang cukup rumit tetapi sangat menjanjikan.

Mengingat kebutuhkan akan kamus sebagai jendela ilmu, saat ini sangatlah tinggi dan juga penting.

5. Pekerja di Perusahaan Multinasional

Siapa bilang seorang lulusan Sastra Inggris tidak dapat bekerja di perusahaan besar?

Seorang lulusan Sasing bisa banget untuk bekerja di perusahaan besar bertaraf multinasional.

Mempunyai kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata dapat membawa kamu untuk masuk ke perusahaan multinasional.

Sebagai perusahaan besar bertaraf multinasional pasti sangat membutuhkan seorang berkemampuan bahasa Inggris yang baik.

6. Staf Diplomatik

Bekerja di lingkungan kedutaan besar atau wilayah diplomatik pasti identik dengan lulusan Hubungan Internasional.

Akan tetapi pada kenyataannya lulusan bahasa asing banyak kok yang diterima bekerja di kedutaan besar.

Jadi, peluang kamu seorang lulusan Sastra Inggis cukup terbuka lebar untuk bekerja di kedutaan besar.

Biasanya lulusan bahasa asing dapat bekerja di kedutaan besar sebagi pengajar, editor, atau staf penerjemah.

7. Publik Relation

Bagi kamu lulusan Sastra Inggris yang cukup tinggi skill berkomunikasinya, bisa banget bekerja sebagai Public Relation.

Saat ini tidak sedikit lho, lulusan Sastra Inggris yang bisa bekerja menjadi Public Relation.

Menjadi Public Relation memang membutuhkan kemampuan berkomunikasi yang  tinggi terutama dalam bahasa asing.

Itulah dia beberapa pekerjaan yang dapat kamu tekuni sebagai lulusan Sastra Inggris. Cukup menarik bukan?

Selain tujuh pekerjaan di atas, masih banyak lagi berbagai pekerjaan yang membutuhkan seorang lulusan Sastra Inggris.

Jadi, bagi kamu pelajar SMA yang ingin melanjutkan studi jangan ragu jika ingin memilih jurusan Sastra Inggris sebagai pilihanmu.

Monday, June 3, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Hubungan Internasional

Hubungan Internasional atau sering disebut HI adalah salah satu jurusan favorit yang diminati banyak pelajar Indonesia.

Hal itu karena dalam jurusan HI, kamu akan mempelajari banyak hal. Mulai dari hukum, politik, ekonomi, keamanan, bahasa, hingga lingkungan.

Dan tentunya disiplin yang kamu pelajari itu berskala internasional.


Pandangan kebanyakan orang, apabila kuliah di jurusan HI pasti kerjanya menjadi duta besar. Kalau begitu, apakah prospek kerja lulusan Hubungan Internasional hanya duta besar saja?

Tentu saja tidak, ada banyak kok prospek kerja bagi kamu seorang lulusan HI.

Prospeknyapun cukup menjanjikan juga. Nah, apa aja sih prospek lulusan Hubungan Internasional?

Berikut adalah beberapa daftarnya...

1. Staf Ahli

Peluang kerja lulusan jurusan HI yang pertama adalah staf ahli. Pekerjaan staf ahli bertanggung jawab untuk membantu menteri dalam bidang keahlian tertentu.

Staf ahli merupakan pekerja kementrian yang akan berkoordinasi dengan sekretaris kementrian dalam menjalankan tugasnya.

Menjadi staf ahli di kementrian tentu akan memberimu peluang besar untuk dapat berkontribusi memajukan negara Indonesia. Pekerjaan yang sangat keren bukan?

2. Government Relations Officer

Selanjutnya adalah government relations officer. Berbeda dengan staf ahli, pada pekerjaan ini anda akan bekerja untuk sebuah perusahaan.

Tugasnya adalah menjalin hubungan antara perusahaan dengan pihak pemerintah.

Posisi government relations officer sangat penting untuk dapat menyelaraskan kebijakan pemerintah dengan perusahaan.

Begitu pentingnya pekerjaan ini, maka di setiap perusahaan baik nasional atau multinasional pasti membutuhkan government relations officer.

3. Jurnalis

Menjadi seorang jurnalis juga dapat dilakukan oleh kamu lulusan Hubungan Internasional. Kamu pasti sudah terbiasa untuk berpikir kritis dengan bekal keilmuan yang cukup luas.

Hal ini tentu akan menjadi modal penting seorang jurnalis. Dengan bidang kelimuan yang telah kamu pelajari, tentu kamu dapat menjadi seorang jurnalis yang berkualitas.

Terlebih saat ini di Indonesia masih banyak membutuhkan jurnalis yang dapat dipercaya dan memiliki etos kerja yang tinggi.

4. Konsultan Internasional

Pekerjaan menjadi konsultan saat ini sangat dibutuhkan, baik dalam lingkup dalam negeri atau luar negeri. Tugas penting seorang konsultan ahli adalah untuk memberikan petunjuk, pertimbangan, serta nasihat terhadap suatu hal.

Kamu bisa bekerja dalam perusahaan negeri ataupun perusahaan swasta. Bahkan seorang lulusan HI berpotensi sekali untuk menjadi konsultan internasional.

5. Politikus

Menjadi politikus juga bisa kamu pertimbangkan sebagai lulusan HI. Pastinya selama kuliah kamu akan mempelajari tentang ilmu politik.

Ilmu tersebut dapat kamu gunakan sebagai bekal terjun ke dunia politik. Kamu bisa merubah image politikus, dengan menjadi politikus yang jujur, handal, serta kompeten.

6. Penulis

Sama halnya dengan seorang jurnalis, lulusan Hubungan Internasional juga sangat berpeluang menjadi penulis.

Dengan bekal keilmuan yang cukup luas dapat membimbing kamu menajdi penulis berkualitas.

Tentu saja kamu harus mampu menyajikan berbagai tema menarik dengan background keilmuanmu.

7. Pebisnis Internasional

Salah satu disiplin ilmu yang akan kamu pelajari di jurusan HI adalah ekonomi serta bisnis.

Dengan bekal pengetahuan tersebut tentu kamu bisa banget untuk memasuki dunia bisnis.

Tidak hanya bisnis dalam negeri saja, bahkan bisnis internasional.

Itulah dia beberapa prospek pekerjaan bagi kamu lulusan Hubungan Internasional. Menjadi lulusan HI tidak melulu menjadi duta besar atau diplomat kok.

Banyak pekerjaan lain yang bisa kamu tekuni. Dan pastinya dengan penghasilan tidak sedikit pula.

Jadi, patut berbanggalah bagi kamu yang sekarang sedang berkuliah di jurusan Hubungan Internasional.
Notification
Jangan lupa difollow ya instagram kami @portalmahasiswa.id
Done