Pertanyaan yang Harus Ditanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Pergi ke Perguruan Tinggi

Memilih apakah ingin kuliah atau bergabung dengan angkatan kerja bisa menjadi salah satu keputusan terberat yang akan kamu buat.

Memang, pilihan antara kuliah dahulu atau kerja dahulu adalah masalah klise saat kita baru beranjak dari bangku sekolah menuju dunia realita yang sebenarnya.

Lalu mana yang harus saya pilih?

Jika kamu sedang susah untuk memilih, coba pikirkan dalam-dalam dan jawab 3 pertanyaan ini terlebih dahulu.
Apa Tujuan Hidupku?

Kita semua makhluk yang unik, dan kita semua memiliki tujuan yang berbeda. Hanya karena semua orang melakukan sesuatu, bukan berarti kamu harus melakukannya juga. Pada akhirnya, semuanya berakhir pada diri kamu sendiri.

Hidup akan selalu memberikan hal-hal tak terduga. Jalannya terkadang tidak lurus, dan tidak akan mudah. Ambisi kamu bahkan mungkin bisa saja berubah total.

Yang penting sekarang adalah mencari tahu apa yang ingin kamu perjuangkan dalam hidup.

Jangan membatasi diri saat memikirkan apa tujuan hidupmu

Apa Karir Profesional yang Akan Membantu Menuju Tujuan Hidupku?

Sekarang, pertimbangkan tujuan kamu. Dapatkah kamu memikirkan karir profesional yang memungkinkan kamu melakukan hal ini itu?

Jika kamu tidak bisa, lakukan observasi.

Jika kamu sudah memilih karir tertentu sebagai tujuan utama kamu, pertimbangkan untuk melakukan penelitian untuk melihat pekerjaan serupa dan jalur karir yang mungkin kamu bisa lakukan.

Mungkin kamu butuh banyak uang untuk mewujudkan impian kamu. Jika kamu melakukannya, carilah profesi yang bisa mewujudkannya.

Contohnya jika kamu ingin bisa berkeliling dunia. Mungkin kamu bisa pertimbangkan untuk bekerja di perusahaan penerbangan. Dengan begini kamu bisa bekerja dan juga bisa pergi berkeliling dunia.

Akankah Gelar Setelah Kuliah Membantu Saya Menembus Pekerjaan Itu?

Baiklah, jadi kamu sudah punya karir tujuan dalam pikiranmu. Sekarang kamu hanya perlu masuk ke bidang itu.

Terkadang gelar sarjana adalah cara terbaik untuk melakukannya dan pengalaman dunia nyata akan semakin banyak membantu kamu.

Lihatlah jalur karir orang yang saat ini bekerja di industri impian kamu. Apakah mereka perlu kuliah?

Sementara persyaratan pekerjaan saat ini lebih cenderung mencakup gelar sarjana daripada di masa lalu, kamu dapat mengambil magang dan kerja paruh waktu untuk menambah pengalaman.
Baca Juga : 10 Beasiswa Internasional ini Paling Dicari oleh Pelajar Indonesia lho!
Beberapa pekerjaan memang membutuhkan gelar. Untuk menjadi profesor, kamu biasanya membutuhkan gelar master atau PhD. Untuk menjadi dokter, kamu harus pergi ke sekolah kedokteran. Menjadi pengacara, tentunya harus ke sekolah hukum.

Semuanya berakhir pada pertanyaan tentang, apa yang kamu inginkan dalam hidup dan bagaimana kamu akan sampai di sana.

Perguruan tinggi adalah pilihan yang tepat untuk beberapa orang, tapi bisa saja tidak penting bagi semua orang. Semuanya tergantung pada diri kamu sendiri sebagai individu.

Ayo bantu bagikan artikel ini ke:

Facebook Google+ Twitter

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pertanyaan yang Harus Ditanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Pergi ke Perguruan Tinggi"

Post a Comment