10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan - Portal Mahasiswa
News Update
Loading...

Friday, April 19, 2019

10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Paling Menjanjikan


Halo teman-teman portalmahasiswa.id, apakah dari kalian ada yang ingin masuk perguruan tinggi jurusan ilmu komunikasi?

Nah, sebelum itu ada baiknya kamu cari tau dulu, prospek atau peluang kerja apa aja sih yang cocok untuk lulusan ilmu komunikasi.


Berikut telah kami rangkum beberapa prospek kerjanya :

1. Presenter

Hingga saat ini, profesi ini masih banyak diminati oleh para pencari kerja, terutama lulusan ilmu komunikasi.

Dengan berbekal ilmu broadcasting yang kamu dapatkan saat kuliah, kamu sudah setahap lebih unggul untuk menjadi presenter.

2. Public Relation

Profesi public relations ini tentu akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan menjadi public relations kamu akan bertemu banyak orang-orang menarik yang mungkin tidak kamu sangka-sangka.

Tugasmu disini adalah untuk bisa memberikan value perusahaan kepada target pasar.

3. Business Analyst

Biasanya pekerjaan sebagai business analyst lebih ditujukan untuk beberapa lulusan IT, tapi bisa juga kok lulusan ilmu komunikasi bekerja sebagai business analyst.

Business analyst bertugas untuk melakukan riset pasar, mengukur efektivitas produk, mengumpulkan informasi business problem dari klien dan menganalisanya.

Pekerjaan ini bertujuan untuk membuat sebuah produk agar bisa terjual kepada pasar yang tepat.

4. Layanan Konsumen/Customer Service

Sudah tidak dipungkiri lagi, pekerjaan sebagai layanan konsumen atau customer service adalah pekerjaan yang cocok untuk kamu lulusan ilmu komunikasi.

Seseorang yang menggeluti pekerjaan ini haruslah memiliki tingkat kesabaran yang tinggi. Ini karena setiap harinya harus menghadapi keluhan-keluhan dari para pelanggan.

5. Marketing

Sebagai seorang marketing kamu bertugas memasarkan hasil produksi suatu perusahaan ke calon konsumen melalui berbagai cara.

Sebagai marketing kamu harus bisa ramah dengan calon konsumen agar mereka mau membeli produkmu. Kemampuan komunikasi yang kamu pelajari saat kuliah akan dapat membantu di profesi yang satu ini.

6. Jurnalis

Buat kamu lulusan ilmu komunikasi, pasti memiliki kemampuan lebih dalam bidang jurnalistik, terutama yang mengambil peminatan ini.

Sehingga sangat mungkin kamu menjadi seorang wartawan atau jurnalis.

Dikutip dari gajimu.com ada empat perusahaan media di Indonesia yang memberikan gaji layak diatas standar gaji minimum jurnalis. Mereka adalah Kompas, Bisnis Indonesia (Rp.5.000.000), Jakarta Post (Rp. 5.500.000) dan Jakarta Globe (Rp. 5.500.000).

7. Penulis

Keahlian dalam merangkai kata mungkin sudah tidak akan diragukan lagi kalau kamu adalah mahasiswa lulusan ilmu komunikasi.

Kamu bisa mencoba profesi penulis ini dan mencoba bekerja di situs berita online seperti kompas, detik atau idntimes.

8. Photographer atau Cameraman

Menjadi seorang cameraman di stasiun televesi bisa jadi pilihan profesi yang tepat jika kamu mengambil peminatan broadcasting saat kuliah di jurusan ilmu komunikasi ini.

Atau mungkin saja kamu bisa menjadi seorang photographer. Kamu bisa bekerja sebagai photographer freelance ataupun photographer suatu kantor berita.

9. Penyiar Radio

Menjadi seorang penyiar radio, tentunya kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tidak sembarang orang bisa bekerja menjadi penyiar radio.

Dan buat kamu yang bercita-cita menjadi penyiar radio sepertinya jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi pilihan yang tepat.

10. Event Organizer

Sebagai seorang Event Organizer atau EO, pekerjaanmu bertanggungjawab dalam sebuah acara, dari persiapan hingga laporan akhir.

Seorang klien akan menyerahkan acara/event kepada mereka yang profesional di bidangnya dan tentunya hasilnya harus bisa bagus.

Jika ingin menjadi EO, cobalah selama dikuliah untuk sering ikut dalam organisasi dan perbanyaklah portofoliomu dengan mengurus event-event tertentu.

Itulah beberapa peluang dan prospek kerja jurusan ilmu komunikasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman yang ingin mengetahui prospek kerja lulusan ilmu komunikasi. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Jangan lupa difollow ya instagram kami @portalmahasiswa.id
Done