Friday, April 26, 2019

12 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Informatika

Jurusan kuliah dibidang IT saat ini sedang banyak diincar para pelajar SMA/SMK yang baru mau memasuki dunia perkuliahan.

Sepertinya impian kebanyakan pelajar ataupun mahasiswa jaman sekarang adalah bisa bekerja di perusahaan seperti Google, Bukalapak, Tokopedia dll.


Dan salah satu jurusan berbau IT terfavorit untuk mencapai tujuan tersebut adalah Teknik Informatika.

Berhubung penulis juga berasal dari jurusan Informatika, jadi setidaknya saya sendiri tau beberapa prospek kerjanya jika kamu mengambil jurusan yang satu ini saat kuliah.

Ok, langsung saja...

Berikut adalah beberapa prospek kerja ketika kamu lulus dari jurusan Teknik Informatika ini :

1. Frontend Developer

Sebenarnya profesi Frontend, Backend dan Fullstack Developer adalah pengkategorian profesi dari Web Developer. Kalau kamu ingin mencoba bekerja di Grab, Shopee dll. kamu harus tau ini.

Frontend sendiri adalah profesi yang lebih berkutat pada tampilan website.

Untuk desain sebenarnya dibuat oleh UI/UX Designer terlebih dahulu, dan kemudian seorang Frontend Developer akan mengimplementasikannya menjadi sebuah website yang menarik dan interaktif.

2. Backend Developer

Kalau tadi Frontend membuat tampilannya, kalau backend mengurus bagian belakang websitenya.

Contohnya, seperti membuat fungsi transaksi pada website Tokopedia atau sistem keranjang belanja pada aplikasi Bukalapak, mengelola database dll.

3. Fullstack Developer

Seorang Fullstack Developer adalah orang yang menguasai ilmu Frontend Developer dan juga Backend Developer. Jadi kamu bisa membuat sebuah website utuh seorang diri.

Menjadi seorang Fullstack Developer terkadang memang sangat melelahkan karena harus mengerjakan dua tugas sekaligus, tapi tentu bayarannya akan berbeda dengan seseorang yang hanya menjadi Frontend atau Backend Developer saja.

4. UI/UX Designer

Sebagai UI/UX Designer kamu menciptakan sebuah prototype aplikasi atau website yang ingin dibuat dan di implementasikan oleh seorang Web Developer.

Uniknya dari profesi ini adalah profesi yang tidak begitu menggunakan kemampuan koding. Biasanya saat bekerja, lebih menggunakan software desain grafis seperti Figma, Photoshop, Illustrator dll.

5. Business Analyst

Tugas dari seorang Business Analyst antara lain seperti melakukan analisa untuk memastikan apakah penerapan IT ini sebagai suatu bentuk solusi masyarakat dan menganalisa keadaan target pasar serta perilaku konsumen untuk dijadikan sebagai acuan dasar user perusahaan.

Maka dari itu, kalau kamu lulusan Informatika dan ingin mengambil profesi ini, kamu harus menguasai kemampuan manajemen bisnis.

6. System Analyst

System Analyst adalah suatu profesi yang bertugas untuk menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan perusahaan.

Melakukan penjadwalan, penugasan tugas, dan peninjauan pekerjaan melalui pemeliharaan.

Serta membantu project manajer dalam mengembangkan ruang lingkup proyek, jadwal dan sumber daya.
Baca Juga : Universitas Swasta Terbaik Ini Setara Dengan PTN, Ada Kampusmu?
7. Software Engineer

Di profesi ini kamu akan bertugas untuk menguji program baru dan mencari kesalahannya, mendevelop program yang sudah ada dengan menganalisa dan mengenali area untuk modifikasi, serta membuat dokumentasi operasional dengan technical author.

8. Game Developer

Pada profesi Game Developer ini kamu bertugas untuk membuat suatu aplikasi permainan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa studio game mobile terkenal yang bisa menjadi tempat tujuan karirmu nanti, seperti Agate, Owngames dan Touchten.

9. Android Developer

Di profesi ini kamu akan mengerjakan beberapa macam proyek atau kerjaan yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi. Contohnya saja aplikasi Tokopedia yang ada di Google Play Store.

Nah, yang membuat aplikasi ini dan yang memaintenancenya adalah orang-orang yang berprofesi sebagai Android Developer.

10. iOS Developer

Meskipun di Indonesia agak jarang, tapi profesi menjadi iOS developer masih sangat menjanjikan.

Karena jarang ada yang berfokus untuk belajar menjadi iOS developer bisa saja menjadi peluang kamu untuk mendapatkan profesi ini nantinya.

Sebagai iOS developer kamu akan membuat sebuah aplikasi untuk iPhone.

11. Freelance Programmer

Bisa juga kamu menjadi seorang Freelancer. Kamu akan dibayar perproject yang kamu selesaikan. Disini kamu bebas memilih pekerjaan yang seperti apa dan bebas menentukan hargamu sendiri.

Tapi kebanyakan klien yang membutuhkan Freelance Programmer adalah orang yang ingin membuat website. Jadi ya mungkin kerjaanmu mirip menjadi Fullstack Developer, hanya saja kamu bekerja untuk klien.

12. Pendiri startup digital / CEO

Kalau pengalaman saya selama berkuliah, ada beberapa mahasiswa yang memang membangun startup digitalnya saat kuliah.

Dan ketika mereka lulus, mereka bisa menjadi CEO perusahaan mereka sendiri. Memang membuat startup digital sendiri tidak mudah, tapi kalau mengerti cara kerjanya dan bisa memanfaatkan pasar maka bisa saja startupmu berhasil.

Oh iya, kalau saya bilang startup digital begini jangan langsung berpikir Gojek atau Traveloka ya, anggap saja startup baru dengan tingkat valuasi Cockroach.

Sebenarnya masih ada banyak lagi prospek kerja lulusan Informatika ini, seperti it consultant, product manager, associate product manager, product owner dll. Tapi sepertinya artikel ini akan terlalu panjang kalau saya bahas semuanya hehehe.

Untuk kamu yang penasaran bagaimana sih kuliah di Teknik Informatika itu, kamu bisa kunjungi artikel portalmahsiswa yang berjudul Review Jurusan Informatika Telkom University.

Ok, sekian untuk artikel mengenai prospek kerja jurusan Teknik Informatika, semoga dapat menambah wawasan untukmu yang ingin mengambil jurusan teknik informatika saat kuliah.

Artikel Terkait

12 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Informatika
4/ 5
Oleh