7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Sosiologi - Portal Mahasiswa
News Update
Loading...

Monday, May 13, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Sosiologi

Sebagai mahasiswa dari jurusan sosiologi pastinya kamu memiliki beragam kemampuan, tentunya kemampuan-kemampuan tersebut berguna untuk diterapkan ke masyarakat.

Kamu juga pastinya memahami manusia dengan lebih baik dan peka terhadap perubahan.

Kemampuan tersebut akan sangat membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan.


Buat kamu yang baru mau memasuki perguruan tinggi, beberapa universitas favorit untuk jurusan sosiologi ini ada Sosiologi UGM, Sosiologi UI, dan masih banyak lagi.

Dan untuk kamu yang penasaran mengenai prospek kerjanya, berikut beberapa prospek kerja lulusan sosiologi yang telah portalmahasiswa.id rangkum dari berbagai sumber :

1. Human Resource

Sama-sama mempelajari tentang manusia, lulusan Sosiologi memiliki pemahaman seputar berbagai sisi manusia kerja, serta mampu menganalisa masalah dan solusi di tempat kerja.

Jadi, tidak hanya lulusan psikologi saja yang bisa menjadi seorang human resource, kamu sebagai lulusan sosiologi juga berpotensi untuk berkarier dibidang ini.

2. Konselor Sosiologi

Konselor bekerja untuk membantu orang atau klien untuk merefleksikan pengalaman hidup dan mempertimbangkan cara-cara alternatif dalam melakukan sesuatu.

Tujuan utama profesi konselor ini adalah membuat perubahan positif dalam kehidupan mereka.

3. Instansi Pemerintahan/PNS

Kamu juga bisa bekerja di Instansi Pemerintahan. Tempat yang bisa kamu tuju sebagai lulusan sosiologi adalah Kementrian Sosial, Dinas pendidikan, dan yang lainnya.

4. Pengajar/Dosen

Sebagai lulusan sosiologi pastinya kamu juga bisa menjadi guru ataupun dosen. Kalau kamu berencana untuk menjadi guru, kamu bisa berkarier menjadi guru sosiologi.

Kalau kamu ingin menjadi dosen suatu universitas, kamu harus melanjutkan program S2 terlebih dahulu.

5. Peneliti Sosial

Sebagai seorang peneliti sosial, tugas kamu adalah merencanakan, merancang dan mengelola berbagai proyek penelitian sosial.

Penelitiannya berfokus pada struktur penduduk, pengangguran, tingkat kejahatan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini akan sangat dibutuhkan untuk mengetahui efektivitas kebijakan yang ada.

6. Jurnalis

Menjadi seorang jurnalis mungkin bisa menjadi karir yang cocok.

Dengan pengalaman riset dan analisa yang baik, seorang lulusan dari jurusan sosiologi bisa memberikan informasi yang lebih bermanfaat dan berbobot kepada masyarakat.

7. Market Research Analyst

Profesi yang satu ini sebenarnya cukup fleksibel dan bisa dilakukan oleh orang dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Sebagai lulusan soiologi menjadi seorang Market Research Analyst bisa menjadi pekerjaan yang tepat.

Kamu akan melakukan riset pasar untuk memetakan berbagai gaya hidup, kebutuhan dan berbagai pengelompokkan data lainnya di masyarakat.

Demikian artikel mengenai 7 prospek dan peluang kerja untuk lulusan sosiologi. Sampai jumpa diartikel berikutnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Jangan lupa difollow ya instagram kami @portalmahasiswa.id
Done