7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Manajemen - Portal Mahasiswa
News Update
Loading...

Friday, June 21, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Manajemen

Seiring dengan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, ada banyak sekali jurusan yang bisa kamu ambil. Salah satu jurusan yang paling potensial saat ini adalah jurusan manajemen.

Berada dalam lingkup fakultas ekonomi, jurusan manajemen ini direspon dengan sangat baik oleh para calon akademisi. Pasalnya jurusan satu ini dianggap salah satu jurusan paling aman yang pernah ada.


Minat yang ditujukan kepada jurusan manajemen ini sangatlah besar. Ini bukan tanpa alasan karena jurusan manajemen ini memang bisa dibawa ke ranah manapun.

Kemampuan manajemen yang baik sangat dibutuhkan di berbagai bidang usaha.

Akan tetapi tentunya ada beberapa spesialisasi pekerjaan utama yang bisa dipilih kalau kamu adalah seorang lulusan manajemen.

1. Menjadi Tenaga Pendidik atau Dosen

Prospek pekerjaan pertama yang bisa kamu ambil saat kamu lulus dari jurusan manajemen adalah menjadi seorang tenaga pendidik atau dosen.

Pekerjaan ini sangat direkomendasikan karena tidak terlalu beresiko dan tidak terlalu melelahkan kamu karena pressure yang akan kamu dapatkan juga tidak terlalu besar.

Hanya saja mungkin dibutuhkan kualifikasi tambahan untuk mengisinya.

2. Menjadi Konsultan Bisnis

Peluang kerja selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang konsultan bisnis. Perlu kamu tahu, ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa dari para konsultan bisnis demi memajukan usaha yang mereka miliki.

Dalam hal ini, jika kamu memiliki kemampuan manajemen yang baik dan bisa memberikan solusi untuk memajukan usaha mereka, tentu jasa kamu akan dibayar dengan sangat mahal.

3. Menjadi Sumber Konsultasi Perbankan

Posisi di bidang konsultasi dalam dunia perbankan sangat terbuka lebar bagi kamu yang lulus dari bidang manajemen.

Meskipun terikat oleh kontrak kerja berjangka, pernghasilan yang bisa kamu dapatkan di dalamnya tidak bisa disepelekan. Tapi pastikan kamu juga mampu menganalisa kondisi dengan baik karena di dalamnya dibutuhkan kemampuan analisa yang tidak sederhana.

4. Menjadi Manajer Pemasaran

Tidak kalah penting, posisi selanjutnya yang tidak bisa kamu sepelekan adalah menjadi manajer pemasaran. Seorang lulusan manajemen sejati mestinya selalu tertantang untuk mengisi posisi ini.

Pasalnya ada peluang karir yang sangat cerah jika kamu bisa sukses di dalamnya.

Menjadi seorang menajer pemasaran mengharuskan kamu untuk meningkatkan taraf penjualan produk atau jasa perusahaan secara signifikan.

5. Menjadi Manajer SDM

Peluang kerja selanjutnya yang sangat potensial untuk diisi oleh seorang lulusan manajemen adalah Manajer SDM.

Di posisi ini kamu harus melakukan pengaturan dan pengembangan sumber daya manusia di perusahaan tempat kamu bekerja. Meskipun terdengar rumit, ada gaji besar yang menanti kamu di dalamnya.

6. Menjadi Manajer Keuangan

Posisi selanjutnya yang tidak kalah potensial untuk kamu isi adalah menjadi seorang manajer keuangan.

Hanya saja mungkin dibutuhkan pengalaman yang matang di bidang keuangan untuk mengisi posisi ini. kamu diharapkan bisa menghasilkan pengaturan keuangan yang baik sehingga menghasilkan laporan keuangan yang valid dan bisa di pertanggungjawabkan.

7. Mengisi Berbagai Posisi di bidang Agribisnis, Perdagangan, Perbankan dan lain-lain

Terakhir, kami pastikan kalau kamu bisa mengisi posisi di berbagai bidang yang ada di ranah pekerjaan.

Karena kemampuan lulusan menajemen itu begitu global, kamu bisa mengisi berbagai posisi di bidang agribisnis, perdagangan umum, dunia perbankan, dan berbagai bidang kerja lain yang tidak kalah potensial.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait 7 prospek dan peluang kerja yang bisa dipilih oleh seorang lulusan manajemen.

Tidak kalah potensial, kamu juga bisa mengaplikasikan kemampuan manajemen kamu di dalam usaha mandiri jika kamu memang seorang yang tidak suka untuk diperintah.

Share with your friends

4 comments

  1. bagusnya sih manajemen itu diambil pas s2, kalo s2 menguatkan dasar dasar sblm jadi bos hehe. kalo dah ckup ilmu terus lanjut s2 utk jadi bos deh.

    ReplyDelete

Notification
Jangan lupa difollow ya instagram kami @portalmahasiswa.id
Done