7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektro - Portal Mahasiswa
News Update
Loading...

Monday, July 15, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Teknik Elektro

Jurusan ini bisa dijadikan partner dalam segala bidang.

Jangkauan ilmu yang dipelajari pada jurusan Teknik Elektro cukup luas.

Ilmu yang dipelajari berhubungan langsung dengan perkembangan teknologi serta pemanfaatan energi listrik secara umum.


Saat ini hampir semua aspek kehidupan membuthkan teknologi serta pemafaatan listrik. Oleh karena itu peluang kejanya cukup tinggi dan sangat dibutuhkan.

Lalu, apa aja sih prospek kerja lulusan Teknik Elektro? Berikut daftarnya.

1. Pegawai Negeri Sipil

Lulusan Teknik Elektro mempunyai peluang besar untuk bekerja di semua bidang sebenarnya. Terlebih menjadi seorang PNS, kesempatannya cukup tinggi.

Lulusan Teknik Elektro dapat bekerja di kementrian energi dan sumber daya mineral. Selain itu masih banyak badan milik pemerintah lainnya yang membutuhkan lulusan Teknik Elektro.

2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Tidak hanya menjadi pegawia negeri sipil. Lulusan Teknik Elektro sangat berkesempatan untuk bekerja di BUMN. BUMN yang bergerak dibidang energy dan telekomunikasi dapat menjadi tujuanmu.

BUMN seperti PLN (Perusahaan Listrik Negara), Indonesia Power, PT Telkom, dan BUMN lainnya sangat membutuhkan peranmu sebagai lulusan Teknik Elektro.

3. Perusahaan Swasta

Dua pekerjaan di atas membahas kesempatan bekerja dengan pihak pemerintah. Selain itu, peluang jurusan Teknik Elektro sangat terbuka untuk perusahaan swasta.

Perusahaan swasta juga tidak kalah dalam hal penggajian dengan BUMN. Jadi, prospek bekerja di perusahaan swasta juga cukup menggiurkan.

Perusahaan swasta yang bergerak di bidang telekomunikasi, pengembangan computer, hingga prusaahn listri swasta sangat bisa kamu jadikan tempat tujuan bekerja setelah lulus dari jurusan Teknik Elektro.

4. Bekerja Di Bidang Perminyakan dan Pertambangan

Seorang lulusan Teknik Elektro juga berkesempatan untuk bekerja di perusahaan perminyakan dan pertambangan. Peran lulusan Teknik Elektro dalam bidang pertambangan atau perminyakan dibutuhkan dalam hal kontrol dan instrumen engineer.

5. Wirausaha

Peluang menjadi seorang wirausaha sangat terbuka lebar bagi lulusan Teknik Elektro. Banyak sekali bisnis yang dapat kamu kembangkan dengan kemampuan kamu daalam bidang Teknik Elektro.

Seiring perkembangan jaman, kemampuan lulusan Teknik Elektro emang patut diperhitungkan.

Pasalnya semakin hari semakin banyak teknologi yang bermunculan, yang tentu saja membutuhka jasa lulusan Teknik Elektro baik untuk instalasi pemasangannya, perawatannya, atau menangani kerusakannya

6. Software Developer

Menjadi lulusan Teknik Elektro pasti dibekali juga dengan kemampuan pengembangan IOT (Internet of Things).

Tidak hanya itu saja, lulusan teknik Elektro juga mempu menguasai bahasa pemograman. Sehingga pekerjaan yang cocok untuk kemampuan ini adalah seorang software developer. Penghasilan menjadi software developer ini juga tidak main-main.

7. Manufaktur

Perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang pembuatan sebuah perangkat. Pasti membutuhkan banyak ahli dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah Teknik Elektro.

Lulusan Teknik Elektro sangat berpeluang bekerja di perusahaan manufaktur. Kemampuan Teknik Elektro dapat digunakan sebagai seorang engineer, staf produksi, teknisi, atau bidang pekerjaan lainnya.

Menjadi lulusan Teknik Elektro adalah sebuah berkah. Selain karena proses perkuliahannya yang tergolong sulit. Peluang atau prospek kerjanya cukup menjanjikan.

Hampir setiap bidang pekerjaan membutuhkan peran Teknik Elektro. Jadi, bagi kamu seorang lulusan Teknik Elektro patut berbagga hati.

Demikian artikel mengenai prospek dan peluang kerja lulusan teknik elektro.

Kamu ingin menambahkan? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Jangan lupa difollow ya instagram kami @portalmahasiswa.id
Done