7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Agribisnis - Portal Mahasiswa
News Update
Loading...

Monday, July 29, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Agribisnis

Jurusan agribisnis seringkali dianggap sepele oleh para akademisi. Padahal sebenarnya jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang memiliki prospek bagus untuk kamu pilih.

Pasalnya ranah kerja dari jurusan satu ini sangat besar peluangnya.

Mereka yang berkata kalau jurusan satu ini tidak potensial, mungkin mereka belum mengetahui seberapa luasnya peluang kerja yang dimiliki oleh jurusan satu ini.


Sebagai negara maritim dan agraris, sudah tentu jurusan satu ini sangat pontensial untuk kamu pilih jika kamu tinggal di Indonesia.

Jadi sungguh tidak beralasan jika ada orang yang mengatakan kalau jurusan agribisnis tidak potensial untuk dipilih di Indonesia.

Sekedar info, berikut ini ada 7 prospek dan peluang kerja paling potensial untuk kamu yang berasal dari jurusan agribisnis.

1. Menjadi Tenaga Pendidik atau Dosen di Bidang Terkait

Prospek kerja pertama yang bisa kamu pilih saat kamu mengambil jurusan agribisnis adalah menjadi seorang tenaga pendidik atau dosen dibidang terkait.

Tidak ada yang bisa menyangkal hal ini. Menjadi tenaga pendidik di bidang yang kamu kuasai tentunya akan bisa dengan mudah kamu jalani. Hanya saja diperlukan perjuangan agar kamu bisa tembus ke dalam ranah pendidikan. Kalau kamu berusaha maksimal, pasti ada jalan.

2. Menjadi seorang Peneliti Ahli

Peluang kerja selanjutnya yang bisa kamu pilih jika kamu merupakan seorang lulusan agribisnis adalah menjadi peneliti di pemerintahan.

Seringkali negara membutuhkan para pakar agribisnis untuk memajukan dunia pertanian di wilayahnya masing-masing. Dalam hal ini, kemampuan kamu benar benar sangat dibutuhkan untuk membatu negara lebih maju.

3. Menjadi Pionir di LSM

Selain menjadi seorang peneliti ahli, kamu juga memiliki peluang untuk berkarir di Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang agribisnis. kamu bisa melakukan pengawasan dan penyuluhan atas nama LSM dan bisa membantu para petani dalam memajukan usaha pertanian mereka.

Mungkin kamu tidak akan mendapatkan gaji tapi benefit yang akan kamu dapatkan dari masyarakat justru malah lebih besar dari gaji.

4. Menjadi Pengusaha Mandiri

Tidak kalah potensial, posisi selanjutnya yang bisa kamu pilih jika kamu merupakan lulusan agribisnis adalah menjadi pengusaha di bidang terkait.

Banyak yang berpikiran kalau lulusan agribisnis hanya akan menjadi petani saja. Lantas apa yang salah dengan hal ini? Petani adalah pekerjaan yang sangat mulia. Apalagi jika kamu bisa sukses dalam menjalani karir sebagai petani.

5. Bekerja di Pemerintahan

Peluang karir selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah menjadi pekerja di pemerintahan. Setiap tahunnya pemerintah senantiasa membuka lowongan pekerjaan berbagai formasi untuk banyak lulusan.

Semua jurusan akademis memiliki peluang yang sama termasuk titel agribisnis yang kamu miliki. kamu bisa menjadikan ini salah satu opsi terbaik untuk karir kamu kedepannya.

6. Menjadi Pedagang Komoditi Baru

Sebagai negara yang sangat luas, ada banyak sekali komoditi yang bisa kamu pilih di negeri ini. Tentunya kamu juga memiliki peluang untuk maju dalam melakukan bisnis di bidang tersebut.

Lakukan riset secara menyeluruh dari sabang sampai merauke hingga kamu menemukan komoditi yang tepat dan potensial untuk dijual.

7. Bekerja sebagai Konsultan Pertanian

Terakhir kamu bisa bekerja sebagai konsultan pertanian pada perusahaan agraria atau pada masyarakat secara langsung.

Jika kamu telah menjadi seorang konsultan handal dan memiliki reputasi, jangan tanya lagi berapa besar keuntungan yang akan kamu dapatkan. Pengetahuan dan wawasan kamu terkait agribisnis bisa sangat bermanfaat untuk memajukan dunia pertanian di berbagai kelas.

Itulah 7 prospek dan peluang kerja bagi kamu yang menjadi seorang lulusan agribisnis.

Tak perlu ragu, semua orang memiliki peluang untuk sukses. Yang terpenting adalah mau berusaha dan bisa melihat peluang yang ada.

Jangan pernah mengatakan kalau kamu tidak bisa jika kamu belum mencobanya apalagi jika sampai meremehkan satu bidang tertentu seperti yang dialami oleh bidang agribisnis saat ini.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Jangan lupa difollow ya instagram kami @portalmahasiswa.id
Done