Thursday, October 3, 2019

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Geofisika

Menjadi lulusan dari jurusan Geofisika memang akan memiliki prospek atau peluang kerja yang cukup luas.

Ilmu geofisika itu sendiri mempelajari tentang ilmu bumi, seperti struktur bumi, fenomena bumi, serta pengukurannya untuk memperoleh sumber daya yang diinginkan, hingga pemanfaatannya.


Negara Indonesia sudah terkenal kaya akan sumber daya alamnya, oleh karena itu pastilah membutuhkan lulusan Geofisika.

Apa saja prospek kerja lulusan Geofisika? Simak pembahasan berikut ini.

1. Industri Minyak dan Gas

Sudah jelas, sesuai dengan bidang studi yang dipelajari. Seorang lulusan Geofisika sangatlah berpeluang untuk bekerja di perusahaan migas.

Banyak yang cukup tertarik bekerja di industri ini salah satu faktornya karena gajinya yang besar.

Perusahaan ternama seperti PT Pertamina, Chevron, Freeport Indonesia, dan yang lainnya dapat menjadi menjadi tujuamu setelah lulus dari jurusan Geofisika.

2. Industri Panas Bumi (Geothermal)

Selain industri minyak dan gas, prospek lulusan Geofisika adalah industri panas bumi.

Selain kaya akan sumber daya minyak bumi dan gas, Indonesia juga memiliki potensi besar terhadap energi panas bumi. Padahal energi panas bumi ini masih banyak yang belum dimannfaatkan betul.

Jadi sangat perlu untuk peran kamu seorang lulusan Geofisika untuk mengeksplorasi potensi energi panas bumi ini.

3. BMKG

Lingkup bidang studi Geofisiska tidak hanya sebatas energi bumi saja. Lulusan Geofisika juga pasti mempelajari terkait bidang mitigasi bencana. Mulai prediksi genpa bumi, tsunami, tanah longsor, atau bencana lain yang dapat diukur melalui metode geofisika.

Melihat dari cakupan ilmunya, tentu seorang geofisikawan sangat dibutuhkan untuk bekerja di bidang mitigasi bencana yaitu salah satunya BMKG. Badan resmi pemerintah di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

4. Vulkanolog

Tidak kalah penting dengan BMKG. Prospek pekerjaan bagi lulusa Geofisika adalah seorang Vulkanolog. Tugas utamanya adalah mengawasi gunung berapi yang masih aktif. Padahal di Indonesia cukup banyak gunung berapi yang masih aktif.

Sehingga peluang kamu lulusan Geofisika sangat terbuka lebar untuk menjadi Vulkanolog. Seorang Vulkaonolog bekerja langsung di bawah direktorat Vulkanolog Indonesia.

5. Peneliti

Seorang geofikawan juga mempelajari dan meneliti lingkungan sekitar. Sehingga peranya untuk melakukan penelitian dalam hal lingkungan alam sangat dibutuhkan.

Tidak heran jika banyak lulusan Geofisika yang bergabung bersama lembaga penelitian lingkungan Indonesia, yang sering kita sebut LIPI. Jadi peluang bekerja di LIPI bagi seorang lulusan geofisika tergolong cukup tinggi. Asalkan kamu mempunyai jiwa peneliti, pasti peranmu sangat dibutuhkan.

6. Dosen

Lulusan Geofisika tentu saja beekesempatan pula untuk menjadi seorang dosen. Dengan melanjutkan studi pada jenjang pasca-sarjana. Dan berhasil lulusan sebagai seorang Master.

Maka kesempatanmu untuk menjadi seorang dosen cukup tinggi.

7. Instansi Pemerintah

Selain 6 jenis pekerjaan di atas, kamu seorang lulusan Geofisika juga berpeluang bekerja di instansi pemerintah.

Instansi pemerintah yang bergerak dibidang ilmu bumi seperti kementrian ESDM, Lemigas, Dinas Pekerjaan Umum, serta Pemerintah Daerah juga dapat menjadi tujuanmu bekerja.

Seorang lulusan Geofisika pasti dibutuhkan oleh beberapa instansi pemerintah tersebut.

Cukup banyak dan luas cakupan ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa Geofisika. Sehingga tidak heran jika peluang atau prospek kerjanya juga sangat beragam dan luas.

Kamu tidak perlu takut dengan anggapan bahwa seorang lulusan Geofisika hanya bisa bekerja di pertambangan. Banyak kok pekerjaan lain yang membutuhkan peranmu sebagai seroang geofisikawan. 

Artikel Terkait

7 Prospek dan Peluang Kerja Lulusan Geofisika
4/ 5
Oleh