9 Contoh Strategi Marketing Sukses Brand Kelas Dunia
Marketing dapat kita ibaratkan sebagai paru-paru dari sebuah bisnis. Tanpa metode marketing yang jelas, maka sulit bagi suatu bisnis untuk tetap eksis. Nah, diartikel kali ini kita akan membahas 9 contoh strategi marketing sukses dari brand kelas dunia. Semoga dengan artikel ini kamu bisa mendapatkan referensi dan ide untuk strategi marketing bisnis kamu!
1. Google : Mengorganisir Informasi Global

ilustrasi browsing di Google
Siapa yang tidak kenal Google? Google kini dinobatkan sebagai Search Engine nomor 1 di dunia. Tapi tahukah kamu bahwa Google bukan yang pertama. Sebelumnya Bing dan Yahoo sudah lebih dulu eksis di dunia mesin penelusuran. Google lahir dari kamar asrama 2 mahasiswa Standford University.
Keduanya memiki idealisme yang sangat tinggi dengan moto “to organize the world’s information and make it universally accessible and useful.” – Google. Tujuan utama mereka adalah mengorganisir informasi global agar mudah diakses dan bermanfaat. Untuk itu Google datang dengan inovasi baru yakni Algoritma Page Rank dimana Google berusaha menampilkan informasi paling relevan untuk pengguna.
2. Youtube : Kreator vs Korporasi “Broadcast Yourself”

ilustrasi content creator youtube (youtuber)
Youtube merupakan sebuah platform shareing video yang dikembangkan oleh Google Inc. Youtube datang dengan ide awal yang sangat menarik yakni “Broadcast Yourself”. Bagaimana tidak, setelah 11 tahun lebih beroprasi Youtube menjadi platform video nomer 1 di dunia. Dimana hanya bermodalkan kamera dan konten yang menarik, kamu bisa bersaing dengan stasiun TV dengan modal triliunan rupiah.
3. Instagram : Rekam dan Bagikan Momen Dunia

ilustrasi foto selfie instagram
Instagram merupakan platform sharing foto dan video dengan moto „Capture and share world moments“. Instagram sendiri diakuisisi oleh Facebook.Inc pada tahun 2012 dengan harga $1 Billion. Dengan integrasi Instagram dan Facebook, pengguna dapat berinteraksi lebih baik. Dari sini lahirlah banyak talent dan influencer baru dari berbagai bidang.
4. Tiktok : Video Pendek “Real People, Real Videos”

ilustrasi dancer tiktok
Tiktok merupakan aplikasi video pendek yang baru-baru ini sedang booming di kalangan millennials dan gen Z. TikTok dibangun dengan melibatkan banyak proffesor dan ahli dibidangnya untuk membuat platform video pendek yang „Candu“. Dengan memanfaatkan fenomena narsisme generasi saat ini, Tiktok memberikan Quick hit of Dopamine kepada penggunanya.
5. GoPro : Kepercayaan dari Konten oleh Pengguna

ilustrasi video skateboard dengan gopro
Saat kita bicara soal Action Cam, kita akan langsung teringat sebuah brand bernama GoPro. Go Pro mengambil pendekatan strategi marketing yang sangat unik. Bukan dengan iklan dan billboard, GoPro menjadikan konten dari pengguna mereka sebagai sarana marketing. Dengan memberikan kualitas terbaik, konten pengguna menjadi bentuk review atas kualitas action cam tersebut.
6. Amazon : Toko Buku Terbesar di Dunia

ilustrasi kurir amazon
Amazon datang dari ide Toko Buku Online pertama di dunia. Awalnya ide ini ditertawakan. Namun dengan ketekunan Jeff Bezos, kini amazon menjadi marketplace terbesar di Dunia dan mendominasi 30,1% penjualan online di U.S pada quatal pertama tahun 2021. Dengan ide awal yang sempat ditertawakan tersebut, kini Amazon membawa Jeff Bezos menjadi salah satu orang terkaya di dunia bersaing dengan Elon Mask.
7. Telsa : Mengakselerasi Transisi Energy Terbarukan Dunia

ilustrasi mobil bensin
Elon Mask yang kini menduduki peringkat 1 orang terkaya di dunia bersaing dengan Jeff Bezos merupakan Co-Founder dari Tesla dan Space X. Tesla sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif futuristik. Misi dari Tesla adalah untuk menghadirkan mobil listrik secepat mungkin dalam persaingan pasar global.
8. Nike : Promosikan Kualitasmu “Just Do It”

ilustrasi sepatu nike
Nike merupakan perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga di Amerika. Nike memiliki moto yang sangat Catchy yakni „Just Do It“. Dengan image awal sebagai sepatu olahraga, nike mensponsori banyak atlet dan kegiatan olahraga. Kemudian Nike merambah ke bidang Fashion dimana brand Nike memiliki kelas tersendiri.
9. Red Bull : Ambil Resiko

ilustrasi event red bull
Red Bull merupakan perusahaan minuman supplement yang menggunakan model promosi “Sport”. Red Bull sering menggandeng talent berbakat dan mengadakan event-event olahraga seperti Skateboard, Boxing, MMA dan lain sebaginya.
Tidak hanya itu, Red Bull pernah melakukan promosi dengan cara yang sangat unik yakni membuang kaleng kosong ke tempat sampah di berbagai titik. Hal ini bertujuan untuk memberikan image bahwa banyak orang mengkonsumsi Red Bull.
Dari 9 contoh strategi marketing diatas, kita dapat melihat bahwa inovasi dan psikologi pembeli merupakan hal yang sangat penting dalam strategi marketing bisnis! Baik sekian untuk artikel kali ini. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar dan share artikel ini ke teman kamu! Saya Arjun dan sampai jumpa di artikel berikutnya!