Ini Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis dan Branding
Di era digitalisasi sekarang ini, informasi beredar dengan sangat cepat. Banyak perusahaan mulai beralih dari metode pemasaran konvensional ke pemasaran digital.
Salah satu yang cukup populer saat ini adalah Content Marketing. Di artikel kali ini kita akan membahas secara mendalam, mengapa content marketing penting untuk bisnis dan branding.
Apa itu Content Marketing?
Content marketing merupakan upaya promosi melalui content website. Tidak seperti media promosi lain, content marketing tidak mempromosikan produk terang-terangan.
Misal saja Niagahoster yang merupakan perusahaan sewa hosting. Niagahoster membuat content edukatif yang dibutuhkan oleh target pasarnya.
Dari artikel tersebut, audience setidaknya akan falimiar dengan website Niagahoster. Lalu selanjutnya audience juga dapat mengetahui bahwa Niagahoster memiliki pemahaman mendalam atas permasalahan mereka.
Selain itu, audience dapat mengetahui ternyata Niagahoster menjual apa yang mereka butuhkan. Dari pemahaman tersebut kita dapat menanamkan kepercayaan dan brand kita pada calon customer.
Mengapa Content Marketing Penting?
Perlu diakui bahwa metode iklan pada umumnya tidak lagi efektif. Misal saja saat kita membaca artikel dan terdapat iklan di sisi sidebar atau ditengah-tengah artikel.
Secara sadar mungkin kita merasa terganggu dan menginstall adsblock pada browser kita. Tapi tanpa itupun secara tidak sadar, otak kita sudah melakukan blocking informasi yang tidak penting dalam kasus ini iklan.
Sebagai buktinya, coba kalian ingat apa iklan terakhir yang kalian lihat 1 jam yang lalu? Coba tulis di kolom komentar!
Content Marketing dinilai penting karna bekerja sangat baik. Selain itu content marketing memberikan banyak benefit. Tidak hanya soal menjual produk, content marketing meningkatkan brand awareness dan kepercayaan audience.
Pasar Butuh Bukti
“We can claim but peoples need provement”. Kita bisa melakukan claim bahwa produk kita merupakan produk terbaik.
Produk dengan kualitas tinggi dan bahan baku tahan lama. Tapi semua itu hanya akan menjadi bualan belaka. Calon audience lebih peduli terhadap bukti yang kita tampilkan. Pada umumnya bukti terbaik adalah review pengguna sebelumnya (Social Provement).
Namun kita juga bisa memberikan bukti dari segi professionalitas serta pemahaman atas“ problem“ yang dimiliki audience. Misal saja saya merupakan calon audience. Saya memiliki problem terkait graphic tablet. Lalu saya memutuskan untuk browsing dan mencari solusi.
Ditengah penelusuran tersebut saya menemukan sebuah artikel yang sangat membantu. Disisi lain saya tertarik dengan profil sang penulis yang ternyata seorang Arts Guru.
Dari contoh tersebut, setidaknya saya akan percaya bahwa orang tersebut benar-benar professional dan ahli dibidangnya. Jadi, misal saja saya mengalami kendala yang serupa.
Atau bahkan sedang mencari kursus digital art, besar kemungkinan saya akan kembali pada orang tersebut.
Benefit Content Marketing
Setelah memahami dasar pentingnya content marketing, selanjutnya kita akan membahas beberapa benefit content marketing. Diharapkan nantinya kalian akan paham atas pentingnya content marketing dan tertarik untuk mempelajari lebih dalam.
Mendatangkan Traffic
Dasar dari content marketing adalah untuk membuat content yang bermanfaat bagi calon customer. Seperti pada contoh sebelumnya, audience dengan kendala atau kebutuhan tertentu akan datang ke website kita melalui content yang sudah kita buat.
Untuk mendapatkan peningkatan traffic ini, terlebih dahulu kita harus paham apa yang orang cari di Google.
Dengan memahami apa yang calon audience kita cari dan butuhkan, kita dapat menawarkan solusi melalui content marketing atau bahkan produk kita. Selain itu kita juga harus melakukan validasi dan research keyword.
Kita harus memastikan apakah keyword yang kita bidik memiliki potensi, baik dari segi volume penelusuran maupun dari segi kompetisi bisnis.
Membangun Brand Awareness
Saat sebuah website meranking di berbagai keyword relevant, akan datang banyak pengunjung yang mengetahui website kita. Selain itu tidak jarang audience yang datang dari satu artikel juga akan membaca artikel yang lain, Sesuai kebutuhan dan ketertarikan mereka.
Awalnya mungkin mereka tidak akan “aware” tentang brand atau website kita. Namun seiring waktu mereka datang ke website kita melalui topik serupa, mereka akan sadar bahwa website kita memiliki spesialisasi di bidang tersebut.
Misal saja Tokopedia yang fokus pada produk elektronik. Walaupun Tokopedia menjual berbagai produk, tapi saat bicara barang elektronik, saya pribadi akan teringat pada Tokopedia. Atau misa Shopee yang fokus pada produk fashion dan gratis ongkirnya.
Membangun Kepercayaan
Kita semua setuju bahwa kredibilitas merupakan hal yang penting. Tentu kredibilitas tidak terbentuk dalam semalam. Perlu proses pembuktian atas kemampuan dan keilmuan kita untuk dapat dipercaya, terutama dalam dunia digital.
Dengan membuat high quality content marketing, akan banyak orang terbantu atas problem mereka. Audience yang merasa terbantu dan puas terhadap konten yang kita sajikan akan memberi dan menaruh kepercayaan pada brand kita.
Sekali lagi “branding bukanlah apa yang kita tekankan melainkan apa yang disematkan oleh orang lain”. Dengan memberikan upaya terbaik, kita dapat memberikan kesan professional dan ahli dibidang tersebut.
Menampilkan Kepakaran
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kita bisa memberikan claim yang fantastis. Namun sekali lagi, audience butuh bukti. Dengan memberikan konten berkualitas, kita dapat menunjukkan kepakaran kita terhadap bidang yang kita geluti.
Misal saja kita melakukan claim bahwa kita adalah seorang professional artist dan tengah membuka kursus digital art. Tentu orang-orang akan melakukan validasi dengan melihat akun sosial media kita seperti Instagram, Youtube dan lain sebagainya.
Jika ternyata kita sangat aktif di sosial media dan memiliki portofolio serta workflow yang bagus, maka audience akan yakin atas kepakaran kita. Tentu akan sangat berbeda saat kita tidak memiliki content untuk diperlihatkan. Audience akan skeptic dan mempertanyakan apakah benar kita ahli dibidang tersebut.
Membangun Audience Setia
Kesetiaan merupakan hal yang datang dari hubungan emosional. Saat kita dapat memberikan content yang mereka butuhkan atau inginkan, secara tidak langsung kita juga membangun hubungan emosional tersebut.
Dengan memberikan content terbaik serta pembahasan yang mendalam, audience akan mulai menyukai bahkan setia terhadap brand tersebut.
Jika dalam kasus produk, tentu masing-masing dari kita memiliki fanatisme pada brand tertentu. Sebut saja sepatu. Ada beberapa orang dari kita yang tidak mau membeli sepatu lain selain merk Adidas.
Meskipun harus mencari produk di kota lain, harus import dan membayar lebih, kita tetap kekeh terhadap produk tersebut. Inilah yang kita sebut audience atau customer yang setia.
Tentu tidak ada rasionalitas dari hal ini. Kita hanya perlu kepuasan dan kesan pertama yang sangat kuat untuk membangun hubungan emosional yang baik. Orang-orang akan cenderung kembali saat merasa puas dengan produk pertama mereka.
Meningkatkan Konversi
Dengan content marketing, kita menarik audience dengan minat serupa melalui media content. Misal saja kita memiliki perusahaan fashion.
Kita dapat memberikan tips seputar fashion seperti “Bagaimana Mix and Match Baju untuk Tampi Stylish”. Audience ini nantinya dapat kita arahkan ke produk yang kita jual.
Setelah merasa terbantu atas konten yang kita sajikan, tingkat kepercayaan audience cenderung meingkat.
Hal ini juga dapat di ikuti oleh keputsan untuk melihat produk yang kita miliki.
Perlu di ingat bahwa 80% pembelian datang dari keputusan emosional. Dengan demikian tingkat konversi audience akan semakin tinggi.
Efektivitas Content Marketing dalam Dunia Bisnis
Dari uraian diatas, dapat kita simpulkan bahwa content marketing terbilang sangat efektif. Untuk memvalidasi hal tersebut, kita dapat melakukan pengecekan di mesin pencarian. Misal saja kita mencari “Cara Pointing Domain ke Hosting”. Bisa kita pastikan, website peringkat satu dari penelusuran Google juga menjual produk domain dan hosting.
Atau saat kita mencari “rekomendasi liburan di jogja”, kita akan menemukan website pada peringkat pertama Google juga menyediakan pelayanan hospitality.
Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa strategi content markeing sangat efektif untuk meningkatkan traffic sampai dengan konversi dan penjualan produk. Kesimpulan ini menutup artikel tentang pentingnya content marketing untuk bisnis dan branding. Semoga artikel kali ini bermanfaat!
Apabila kalian menyukai artikel ini atau memiliki pertanyaan tentang topik terkait, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah ini!
Saya Arjun dan salam Mahasiswa!